PEMUTAKHIRAN PROFIL KESEHATAN DIY

Selama 2 hari (Rabu-Kamis) diselenggarakan pertemuan untuk cross check data dalam tabel lampiran profil kesehatan sesuai dengan format Pusat. Adapun peserta selain dari masing-masing kabupaten/kota se DIY juga melibatkan semua programer kesehatan di Dinkes Provinsi DIY yang dibutuhkan datanya untuk tabel lampiran profil kesehatan yang berjumlah total 63 tabel tersebut.
Pada pertemuan hari I disampaikan tentang info terbaru terkait kegiatan data dan informasi kesehatan yaitu : pelaksanaan Riskesdas (setelah Sensus Penduduk), pelatihan Analisa Data, rencana Bencmarking PUSDASURE ke DIY, dll. Setelah beberapa info dan motivasi dilanjutkan presentasi. Hari I Bantul dan Gunungkidul, adapun hari ke-2 Kota, Kulon Progo dan terakhir Sleman.
Beberapa catatan mengenai pencermatan data :
1. Untuk tabel terkait dengan data demografi (jumlah penduduk, rumah tangga/RT, kepala keluarga/KK, WUS/PUS, bayi, balita, apras, bumil, bulin, bufas) Gunungkidul menggunakan dua sumber data yaitu Pendataan Keluarga (BPMPKB) dan BPS. Namun untuk distribusi menurut kelompok umur, jenis kelamin, penduduk di puskesmas menggunakan pendataan penduduk karena konten lebih lengkap.
2. Beberapa data yang disuplay oleh lintas sektor seperti : angka melek huruf (BPS/Disdik), kecelakaan Lantas (Polres), data KB menurut alkon yang digunakan (BPMPKB), darah & sediaan (PMI), WUS sasaran Imunisasi TT (Bumil dan Caten dari KUA/Capil), dll perlu upaya khusus untuk memperolehnya.
3. Perlu pencermatan antara link tabel dengan definisi operasional. Hal ini juga disepakati dalam forum bersama programer.
Di Hari II setelah semua Kabupaten/Kota mempresentasikan tabel profil, dilakukan komitmen untuk menyelesaikan Cetak Profil selesai/dikumpul awal Mei sebanyak 5 (lima) eksemplar.
Rencana di tingkat Kabupaten :
1. Menghubungi programer Kesling, Surveilans & Imunisasi, Dalkit, Jamkes, KESGA, Yanswasta, GIZI, Promkes untuk melengkapi dan meng-ACC data.
2. Mengundang Puskesmas yang belum melengkapi datanya : komitmen mengumpulkan data atau NO DATA.
3. Mengumpulkan Softcopy selambat-lambatnya tanggal 22 April 2010 & diemail ke Yanfokes.
Langkah akselerasi data profil 2011 yang sedang dilakukan adalah membuat link exel data rutin (LB 3 dan 4, program, dll.) ke tabel profil puskesmas. Harapannya pengiriman data lebih cepat : akhir januari puskesmas mengirim softcopy/diemail tabel profilnya), walaupun pada hasil akhir tetap perlu dilakukan validasi dan mengecek akurasi data.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: