Kunjungan SIK Prop.DIY ke Pusk. Kuta 1, Bali

strukturorganisasi kute 1

kute1 sotk

Sebagai Puskesmas internasional di Bali, Kuta 1 mulai pengembangan SIK November 2002. Pembuatan aplikasi SIK mulai Februari 2003. Mulanya hanya pada 2 puskesmas tahun 2004, lalu 7 puskesmas tahun 2005.
Masalah pada awal implementasi diantaranya: tidak sama antara data yang manual dengan otomatis (antar bidang). Lalu dilakukan penyederhanaan terutama untuk data yang tumpang tindih. Demikian seterusnya sampai sekarang 52 puskesmas menggunakan SIK. Khusus di Bali : tidak boleh menjual software. Yang dipikirkan adalah : hardware, pelatihan dan maintenance tetap terbiayai.
Base data yang digunakan awalnya adalah data penduduk, yaitu dengan cara mengcopy data KK di kelurahan. Alhasil ternyata tidak efisien untuk penduduk Bali yang mobilitasnya tinggi (hanya 30% saja yang berkunjung ke puskesmas). Setelah itu Puskesmas hanya memasukkan pengunjung yang aktif saja dari FF.
Idealnya 5 komputer untuk jaringan Simpus yaitu: server di loket, bp umum, gigi, apotik, KIA/KB, imunisasi, laboratorium. Kegiatan puskesmas dalam dan luar gedung baik loket, umum, KIA/KB yang rame saja. Rata-rata 3 komputer di : loket, bp umum/gigi, apotik. Resikonya adalah lebih banyak komputer, lebih tinggi biaya maintenance.
Pengiriman laporan: dengan orang (softcopy), email, jaringan (wireless). Saran : terlalu mahal biaya dan perawatan dengan wireless. Kebutuhan laporan Puskesmas sebulan sekali (LB1, 2, 3, 4), tidak seperti bank. Mubazir bila membangun dengan wireless. Pengiriman data dengan gelombang radio tinggi (POLDA), harus kuat2an boster itupun bila didukung biaya, bila dibawah SUTET bisa jebol terkena listrik tegangan tinggi.
Sistem aplikasi :
Keberhasilan/kegagalan : tidak 100% yang jalan. Tetap ada yang tidak jalan Simpusnya. KOMITMEN harus setuju ditunjukkan dengan kebijakan Bupati, kebijakan Dinas, Kepala Puskesmas & Pengembang; Staf pemantik (komitmen tinggi/senang, tidak malas, tidak rebutan komputer/ego kepemilikan,dll), hardware, biaya pemeliharaan. Setahun diadakan harus dipelihara : hardware & software. Misalnya bila terkena virus perlu instal ulang, perlu ada petugas khusus, tidak hanya service hardware, harus ngerti komputer karena harus ganti sparepart. Harus didukung anggaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: